Menjadi Baik Tak Perlu dengan Menjelekkan Orang Lain


Seorang Guru membuat garis sepanjang 1m di papan tulis, lalu berkata : "Anak2, coba perpendek garis ini!"

Anak pertama yang ingin memperpendek garis itupun maju ke depan, ia menghapus 20 cm dari garis itu menjadi 80 cm. Lalu Pak Guru mempersilakan anak ke 2. Iapun melakukan hal yang sama, sekarang garisnya tinggal 60 cm. Anak yang ke 3 & ke 4 pun maju kedepan melakukan hal yang sama, hingga garis itu tinggal 20 cm.

Kemudian anak yang ke 5 juga maju karena memang sudah gilirannya harus maju. Anehnya ia tidak melakukan seperti apa yang dilakukan oleh teman-temannya yang sudah maju duluan, yaitu dengan mengurangi garis buatan gurunya itu, namun ia malah membuat garis baru sepanjang 120 cm, lebih panjang dari garis buatan gurunya itu.

Pak Guru menepuk bahunya dan bertanya kepadanya ; “Kenapa kamu melakukan itu?”

Anak itu menjawab ; “Untuk membuat garis itu menjadi pendek, tak perlu menghapusnya, cukup membuat garis lain yg lebih panjang, maka garis pertama akan menjadi lebih pendek dgn sendirinya."

Pak Guru ; "Kamu benar dan bijak, untuk menjadi yang terbaik tak perlu menjatuhkan atau menjelekkan pihak lain. Cukup lakukan kebaikan yang lebih baik secara konsisten.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak