Hadits 7 Agama adalah Nasihat


عَنْ أبي رقية تَمِيمٍ ين أوس الدَّارِيِّ رضي الله تعالى عنه أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وأله وَسَلَّمَ، قَالَ: الدِّينُ النَّصِيحَةُ. قُلْنَا: لِمَنْ؟ قَالَ: لِلَّهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ. (رواه مسلم)

Dari Abi Ruqoyyah Tamim bin Aus Ad-Dari bahwa Nabi SAW bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami (sahabat Nabi) bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Untuk Allah, Kitab, Rasul, para pemimpin muslimin dan mereka secara umum.” (HR. Muslim).

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Syafi’i, Ahmad, Darimi, Ibnu Hibban, Thabrani dan masih ada yang lainnya. Ini adalah hadits shohih. Artinya, bisa dipakai dan diamalkan karena dari segi sanad (jalur periwayat) dan matan (isi atau konten hadits) tidak ada cacatnya. Hadits ini satu-satunya yang diriwayatkan Imam Muslim dari sahabat bernama Tamim Ad-Dari.

Nasihat menurut lughot artinya ikhlas. Memberi nasihat adalah fardu kifayah. Jika sudah dilakukan oleh sebagian, maka gugurlah kewajiban yang lain. Nasihat di sini merupakan kelaziman sesuai dengan batas kemampuan manusia. Imam Ibnu Daqiqil Id saat menjelaskan, “(Nasihat) merupakan kata komprehensif yang maknanya meliputi segenap kebaikan yang diarahkan kepada orang yang dinasihati.” Dalam bahasa Arab dikatakan bahwa tidak ada kata yang mengandung kebaikan yang mencakup dunia-akhirat melebihi kata ini. Bahkan, ada ulama yang mengatakan bahwa hadits ini merupakan empat dari poros utama Islam.

Nasihat untuk Allah maksudnya beriman kepada-Nya, tidak menyekutukan-Nya, meninggalkan segala bentuk atheisme pada sifat dan asma-Nya serta membersihkannya dari segala cacat dan kekurangan serta menaati segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Nasihat untuk kitab berarti meyakini, mengagungkan, membacanya, memahaminya dan mengamalkannya. Nasihat untuk Rasul berarti membenarkan apa yang dibawanya, mengikuti perintah dan larangannya, mengagungkan, menghormatinya baik di kala hidup atau meninggal sekaligus mencintai dan menaatinya.

Sedangkan nasihat untuk pemimpin-pemimpin muslim berarti menolong atau membantu urusan mereka, mengikuti mereka, mengagungkan hak mereka, tidak melawan dan mengingatkan mereka dengan halus dan baik ketika mereka lalai. Adapun nasihat untuk umat Islam secara umum maksudnya adalah memberikan bimbingan atau arahan untuk kemaslahatan mereka di dunia maupun akhirat, tidak menyakiti mereka, mengajarkan apa yang mereka tidak tahu, menyuruh kepada kebaikan, melarang dari kemunkaran dan semacamnya.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak