Hukum Memberi Daging Korban kepada Non Muslim


Di antara tujuan berkorban adalah menebarkan kasih sayang terhadap sesama muslim, dengan cara membagi-bagikan daging korban kepada mereka agar dimakan oleh mereka pada hari raya idul adlha, karena itu adalah suguhan dari Allah untuk mereka. Jadi ini khusus untuk mereka bukan yang selain mereka (non muslim). Pendapat ini dikemukakan oleh imam Romli dalam kitab Nihayatul Muhtaj. Namun dari ketetapan mazhhab Syafii sendiri itu memperbolehkan memberikan daging korban kepada non muslim, sebagaimana di sebutkan dalam kitab al-Majmu

Menurut Malikiyah mengasihkan daging korban kepada orang Yahudi dan orang Nasrani hukumnya makruh. Akan tetapi Hanabilah membolehkan daging korban dikasihkan kepada orang kafir, asal korbannya adalah korban yang sunnah. Jika korbannya adalah korban yang wajib (seperti karena nazhar), maka mereka juga tidak membolehkannya.

Pendapat Hanabilah di atas, pada hakekatnya sama seperti ketetapan mazhhab Syafii yang dikemukakan oleh imam Nawawi dalam al-Majmu’, bahwa kebolehan mengasihkan daging korban kepada orang kafir dzimmi ini berlaku apabila korbannya tersebut adalah korban sunah bukan korban wajib (seperti berkorban karena sudah nadzar).

Demikian itu, karena mengasihkan daging korban merupakan salah satu bentuk dari bersedekah, sedangkan dalam aturan agama tidak ada larangan untuk mengasihkan sedekah kepada non muslim, asalakan bukan kafir harbi (orang kafir yang memerangi orang islam). Allah berfirman:

لَايَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ. إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangi kamu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil”. (QS. Al Mumtahanah : 8)

Referensi:

نهاية المحتاج – ( 8/141). (وله) أي المضحي عن نفسه إن لم يرتد (الأكل من أضحية تطوع) وهديه بل يندب أما الواجبة فيمتنع أكله منها سواء في ذلك المعينة ابتداء أو عما في الذمة، وخرج بما مر ما لو ضحى عن غيره أو ارتد فلا يجوز له الأكل منها كما لا يجوز إطعام كافر منها مطلقا، ويؤخذ من ذلك امتناع إعطاء الفقير والمهدى إليه منها شيئا للكافر، إذ القصد منها إرفاق المسلمين بالأكل لأنها ضيافة الله لهم فلم يجز لهم تمكين غيرهم منه لكن في المجموع أن مقتضى المذهب الجواز

المجموع شرح المهذب - (8 / 425 (قال ابن المنذر أجمعت الأمة على جواز إطعام فقراء المسلمين من الأضحية واختلفوا في إطعام فقراء أهل الذمة فرخص فيه الحسن البصري وأبو حنيفة وأبو ثور. وقال مالك، غيرهم أحب الينا وكره مالك أيضا إعطاء النصراني جلد الاضحية أو شيئا من لحمها وكرهه الليث قال فان طبخ لحمها فلا بأس بأكل الذمي مع المسلمين منه هذا كلام ابن المنذر ولم أر لاصحابنا كلاما فيه ومقتضى المذهب أنه يجوز إطعامهم من ضحية التطوع دون الواجبة والله أعلم.

الفقه الإسلامي وأدلته - (4 / 282).ويكره عند المالكية أن يطعم منها يهودياً أو نصرانياً. وأجاز الحنابلة إهداء الكافر من أضحية التطوع، أما الواجبة فلا يجوز إهداء الكافر منها شيئاً.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak