Berdamai Dengan Diri Sendiri



Berdamai dengan diri sendiri adalah sikap menerima semua hal yang telah terjadi pada diri sendiri, baik dalam bentuk fisik hingga luka psikologis, menerima kekurangan dan kelemahan diri, tidak terjebak dalam bayang-bayang kegagalan di masa lalu dan semua kesengsaraan yang pernah dialami. Namun tidak lantas berpikir bahwa diri sendiri tidak berguna hingga harus (ngumpet) menyendiri dan menutup diri dari persoalan dan hingar dunia,. 

Berdamai dengan diri sendiri berarti siap menghadapi tantangan dan permasalahan apapun, Selalu berpikir positif, berbuat baik, berpikir panjang, bersabar dan selalu belajar. Tentu ini bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi harus menerima keadaan atau kondisi tertentu yang memposisikan diri menjadi obyek olok-olok (bullying). Namun semua itu harus dilakukan. Karena imbalannya adalah ketenangan, kebahagiaan, kedewasaan dan kebijakan. 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا، لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ. 

“Ya Allah, bimbimbinglah diriku kepada sebaik-baik akhlak karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak