Usaha Pembenaran Diri Sendiri


Pada suatu hari ada seorang yang lagi kalut pikirannya, dia bersumpah- bernazhar, jika semua kesulitannya terpecahkan ia akan menjual mobilnya dan semua hasil penjualan itu akan diberikannya kepada fakir miskin.


Setelah semua masalah yang menyulitkan dan mengkalutkan pikirannya terpecahkan satu persatu, ingatlah dia pada nazharnya. Dia bingung harus melakukan apa, “kalau mobil terjual Rp. 150.000.000 masak akan diberikan semua pada fakir miskin- eman banget”. Pikirnya.

Dia bermaksud menunaikan sumpahnya, tetapi dia tidak ingin memberikan uang sebanyak itu kepada fakir miskin. Mulailah dia berfikir keras agar nazharnya terlaksana tanpa harus memberikan uang sebanyak itu kepada fakir miskin.

Akhirnya, entah dari mana pemikiran itu dia peroleh, Dia jual mobilnya berikut Hp jadul di dalamnya- sepaket, tidak boleh salah satunya saja.  Mobil dia hargai 500 rb, sementara Hp jadulnya dia bandrol harga Rp. 149.500.000.

Ternyata tidak lama ia promosikan di medsos, sudah datang pembeli ke rumahnya. Pembeli itu tanpa banyak cingcong, langsung membeli sesuai aturan itu, “mau mahal mobilnya atau Hp jadulnya nggak jadi soal- wong sama saja”, piker si-pembeli.

Kemudian setelah mengantongi uang Rp. 150.000.000, orang yang nazhar tersebut melolos Rp. 100.000an lima lembar dan langsung keluar menemui lima orang fakir miskin, lalu memberikannya kepada setiap fakir miskin Rp. 100.000.

Beberapa hari kemudian, orang yang bernazhar itu sudah mengendarai mobil baru yang lebih bagus dari mobilnya yang telah terjual Rp. 500,000 itu. Dia merasa sudah menunaikan nazharnya sesuai aturan-aturan syari’at, tetapi di dalam hati kecilnya dia masih selalu was was, tidak tenang, karena dia merasa membohongi diri sendiri.

Catatan ;
Meskipun sepertinya cerita ini mengada-ada, tetapi hakekatnya banyak menyamai sepak terjang manusia di dunia ini. Tanyakan kepada dirimu, apakah pernah melakukan atau mengalami sesuatu yang substansinya menyamai dengan cerita di atas. chelah,,, berchelah- mencari alasan apapun demi membenarkan diri sendiri, mencari cara apapun untuk keuntungan diri sendiri.

#TeNangKah anda???
#NyamanKAh AnDa???

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak