Rabu Wekasan Hari Na’as


Kalau anda orang jawa, tentu tahu atau paling tidak pernah mendengar tentang Rabu Wekasan, yaitu, hari Rabu akhir dibulan Shofar. Tidak sedikit ulama yang mengatakan bahwa Rabu Wekasan ini adalah hari na’as, diantaranya adalah Syaikh Al-Buni, beliau berkata dalam kitabnya Al-Firdaus, bahwa pada hari Rabu Wekasan ini Allah swt mengutus malaikat menurunkan bencana dan yang di beri tugas membagi-bagi bencana tersebut kepada siapa atau kedaerah mana adalah Quthbul Ghous atau wali Quthub.

Syaikh Ad-Dairobi dalam kitab Mujarrobat juga mengatakan, Rabu Wekasan adalah hari Na’as karena pada hari itu Allah swt menurunkan bencana, baik besar ataupun kecil sebanyak 320.000 bencana yang siap menghadang manusia dan alam semesta. Tapi perlu diketahui, bahwa mereka tidak mengharuskan anda percaya, hal ini hanya sekedar untuk jaga-jaga atau kehati-hatian belaka.

Selanjutnya, ada sebagian ulama’us sholihin berkata, hendaknya pada hari itu kita membaca surat Yasin, ketika sampai ayat “ Salaamun-Qoulam mir Robbir Rohiim” di ulang-ulangi sampai 313 kali, kemudian meneruskannya hingga surat Yasin selesai, lalu berdo’a  membaca Sholawat Munjiyat agar terhindar dari segala balak dan bencana. Waallohu a’lam bis showab.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak