Pengertian Thoharoh dan Alatnya


Thoharoh menurut bahasa adalah bersuci atau kebersihan. Sedangkan thoharoh menurut syara’ adalah suatu kegiatan bersuci yang bisa mengesahkan sholat, baik bersuci dari najis, seperti istinja’, menghilangkan najis dari tempat, badan dan pakaian, atau bersuci dari hadats, seperti wudlu’, mandi dan tayammum.

Islam menempatkan thoharoh sebagai amalan yang sangat penting, karena diantara syarat sah sholat adalah wajib suci dari hadats dan suci dari najis, baik tempat, badan,  atau pakaian. “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suci”. (al-Baqoroh 222).

Alat-alat yang di gunakan untuk bersuci (thoharoh) ada tiga, yaitu, Air, debu dan batu. Air adalah yang asli menjadi alat bersuci, sedangkan yang lainnya adalah alternative atau far’u. Artinya, wudlu atau mandi boleh diganti dengan tayammum asal memenuhi syarat-syarat yang ada. Begitupun dalam penggunaan batu sebagai alat cewok (baca ; cebok/ mensucikan qubul atau dubur sehabis berak atau kencing) juga memerlukan syarat-syarat tertentu.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak