Al-Harokah Barokah


Alharokah Barokah "Bergerak (bekerja) itu mendatangkan keberkahan", kata ini, memberi motivasi kepada kita agar selalu bergerak, tidak setagnan. Selalu bekerja dan berusaha, tidak menganggur, karena apapun yang kita kerjakan, atau pekerjaan apapun yang kita lakukan pasti akan membuahkan hasil. Bahkan sesuatu yang tak wajar sekalipun.

Ini telah dibuktikan langsung oleh MARYAM (ibunda Nabi Isa AS.). Saat melahirkan Nabi Isa, Maryam sendiri di hutan, tak ada seseorang yang menolong, ia merasakan haus, lapar dan lelah, juga tubuhnya lemah setelah melahirkan. Namun ia tidak putus asa. Meskipun lemah ia berusaha mencari makanan untuknya dan bayinya.

Melihat pohon kurma yang kokoh dan sulit bila digerakkan atau di goyangkan, Maryam tak putus harapan, Ia pegang pohon korma itu, lalu ia berusaha menggoyangkannya agar buahnya berjatuhan. Tak ia sangka-sangka, usahanya yang sepertinya tidak mungkin itu ternyata menjadi mungkin. Buah korma itu berjatuhan, dan Ia-pun memakannya.

Kalau dipikir dengan nalar, rasanya tidak mungkin, pohon korma yang kokoh itu bisa bergoyang hanya dengan gerakan tangan seorang pria kuat dan tegar sekalipun. Tapi hanya dengan gerakan tangan Maryam, dengan badan lesuh dan lemas karena habis melahirkan, ternyata pohon korma itu bergoyang dan menjatuhkan buah korma yang bergelantungan di dahannya.

Inilah usaha, jangan berhenti berusaha dan bekerja, semua pasti akan mendapatkan hasil pada waktunya, jika telah berusaha dan bekerja, teruslah berusaha maju dan berkembang, tidak stagnan, agar hidup kita kecukupan dan dipenuhi berkah, "alharokah barokah". Aamiin.

islamiro

Menegakkan ajaran Islam menurut paham Ahlussunnah Wal Jama'ah di tengah-tengah kehidupan masyarakat, di dalam wadah NKRI

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak